7 Vocabularies Untuk Mengekspresikan Rasa Sakit
Orang Sakit

7 Vocabularies Untuk Mengekspresikan Rasa Sakit

Posted on

7 Vocabularies Untuk Mengekspresikan Rasa Sakit | Hallo fellas, welcome back!  So sorry ya net.z karena sudah lama nggak upload artikel, soalnya kemarin abis demam, dan istirahat sejenak. Maklum, di Indonesia sekarang lagi musim demam, macem macem lah demamnya, ada demam virus, demam tinggi, demam panas, demam dingin, demam rindu daan lain lain, eh kok jadi kesitu ya, hehe, maafkan yaa.

Ok, ngomong-ngomong soal demam, kali ini kita akan membahas soal Sickness, ada yang tahu apa itu sickness? Ya, sickness terdiri dari 2 kata yaitu “Sick” yang artinya “Sakit” dan “Ness” yang merupakan sebuah imbuhan “ke-an”, jadi kalau diartikan, Sickness adalah “kesakitan”. Loh, kok kesakitan? Hehe, bukaan, kebiasaan kalau ngartiin bahasa inggris kata per kata sih. nah, Sickness itu artinya “Penyakit”, dalam bahasa Inggris penyakit juga bisa diartikan “Illness” atau “desease”. Tapi disini kita bukan mau bahas nama-nama penyakitnya, melainkan vocabularies atau kosa kata yang bisa dipakai untuk mengungkapkan sakit yang dirasakan.

Read also: Menggukan Kata Get Married dan Be Married

Dalam bahasa Inggris, ada yang namanya Phrase, yaitu gabungan dua kata atau lebih yang memiliki satu arti dan tidak memiliki Subjek dan Verb. Ada yang terdiri dari Adjective+Noun, ada yang Adjective+Adverb, ada yang Adverb+Adverb dan ada juga yang Verb+Noun. Contohnya “The old man”. Singkatnya, “the old” menjelaskan bahwa si “man” itu adalah “Pria tua”, dan lain sebagainya, selengkapnya akan kita ungkap dibahasan selanjutnya yaa.

Jadi, kosa kata apa saja ya yang bisa kita pakai untuk mengungkapkan rasa sakit dalam bahasa inggris? Berikut rangkumannya dalam 7 vocabularies untuk mengekspresikan rasa sakit.

  1. I’m sick.

Pada ungkapan ini sudah membentuk kalimat, karena ada subjek “I” dan verb “am”, dan ini merupakan ungkapan yang sangat umum dipakai, dalam bahasa inggris “commonly used”. Kalimat ini artinya, “Saya sedang sakit”, bisa digunakan untuk kondisi sakit apapun. Kalimat yang memiliki arti sama dengan “I’m sick” adalah “I’m ill”, yap, you can use both ways to say your sickness.

  1. (a little bit) under the weather.

Ungkapan ini berarti “(agak) sakit”, atau orang Indonesia biasanya bilang “tidak enak badan”. Jadi kalau mau bilang “tidak enak badan” jangan lagi pakai “my body is not delicious” yaa, catat! Contoh, I can’t go out, I’m a little bit under the weather. “a little bit” opsional saja, boleh dipakai ataupun tidak.

  1. Sick as a dog / to feel like death warmed up

Ungkapan ini bermakna sama dengan yang sebelumnya, tapi ungkapan ini dipakai untuk menambah efek dramatis. Contoh, “Please help me, I’m so sick as a dog.” Atau “I feel like death warmed up”. Buat orang Indonesia, saran saya jangan menggunakan ungkapan ini karena takut “ucapan adalah doa”, karena ini adalah ungkapan yang sering digunakan oleh British people, jadi harap berhati-hati yaa. ‘lalu kenapa ditulis dong?’, yaa kalau saja kalian ada yang pergi ke Inggris dan dengar orang asli negara disana bilang seperti itu, kalian tidak akan kaget. Hihi.

  1. A rainy nose

Ungkapan ini digunakan jika kita sedang flu atau pilek yang parah. Contoh, “I have a rainy nose”, atau “my nose is rainy”

  1. A blocked nose

Ungkapan ini masih sejenis penyakit yang sama, tetapi ungkapan ini digunakan untuk hidung yang tersumbat, sehingga kita sulit bernafas. Contoh, “I can’t breath well, my nose is blocked”.

Read also: Pengertian Singkat Grammar dalam Bahasa Inggris

  1. I have a headache

Ungkapan ini berarti “sakit kepala”. Untuk rasa sakit yang ada dibeberapa organ tubuh tertentu bisa menggunakan nama organ tubuh itu sendiri dan ditambahkan akhiran “ache”. Misalnya, sakit perut “stomachache”, sakit gigi “toothache”, sakit telinga “earache”, dan sakit punggung “backache”. Contoh kalimatnya bisa seperti “I have a stomachache” atau “I got a stomachache”. Tapi, kalau kalian merasakan seluruh badan sakit, maka kalian bisa menggunakan kata “achey”. Contoh “I feel achey”.

  1. I’ve got a fever

Kalimat terakhir ini berarti “saya sedang demam”. Ya, kalimat ini umum digunakan saat sedang demam, yang biasanya ditandai dengan keringat dingin yang keluar diseluruh tubuh, atau temperature tinggi. Atau jika kalian hanya merasa keringat dingin saja yang keluar dari tubuh kalian dan seperti ingin pingsan, kalian bisa mengatakan

“I am sweaty” atau “I am sweating”.

Yap, itu adalah beberapa ungkapan untuk mengatakan rasa sakit dalam bahasa inggris. Semoga artikel ini bisa membantu kalian untuk increase english vocabularies, Jangan lupa untuk dipraktekkan yaa supaya tidak lupa, karena practice makes perfect. Enjoy your day!

Print Friendly, PDF & Email