Cara Menggunakan Let, Allow, dan Permit
Cara Menggunakan Let, Allow, dan Permit

Cara Menggunakan Let, Allow, dan Permit Lenkap dengan Contoh

Posted on

Hi gaes, dalam artikel ini kita akan mengetahui cara menggunakan let, allow, dan permit dalam bahasa Inggris lengkap dengan contoh dalam kalimat. Kenapa perlu dibahas, karena tidak sedikit dari kita yang kadang masih tertukar dan belum sesuai dengan kaidah penggunaan bahasa inggris. Meskipun, jika dalam percakapan tidak dibahas, namun dalam penulisan ini menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui.

Cara Menggunakan Let, Allow, dan Permit

Sebelum kita mengetahui cara menggukan kata let, allow, dan permit tersebut, adakalianya kita mengetahui bahwa ketiga kata tersebut termasuk kedalam bentuk ungkapan “Permission” atau permisi bahasa mudahnya perizinan. Berikut ini penjelasan detailnya ya.

Penjelasan Let dan Cara Menggunakannya

Kata “let” memiliki arti izinkan atau biarkan. Kata ini lebih sering digunakan dalam percakapan non-formal dan biasa digunakan saat berbicara dengan teman sebaya. Ketika menggunakan “let”, kita tidak perlu menambahkan ‘to’ setelah kata kerja yang mengikutinya. Selain itu, “let” tidak dapat digunakan dalam kalimat pasif.

Contoh:

  1. Let me explain this topic. (Izinkan aku menjelaskan topik ini)
  2. Can you let me join the game? (Bisakah kamu mengizinkan aku bergabung dalam permainan?)
  3. I let Ady drive my car. (Aku mengizinkan Ady mengendarai mobilku)
  4. They let Juminten stay at their house. (Mereka mengizinkan Juminten menginap di rumah mereka)
  5. Juminten will let us use her laptop. (Juminten akan mengizinkan kita menggunakan laptopnya)

Penjelasan Allow dan Permit Serta Cara Menggunakannya

Kata “allow” dan “permit” sebenarnya memiliki arti yang sama dengan “let”. Namun, “allow” dan “permit” lebih sering digunakan dalam percakapan formal. “Permit” memiliki tingkat keformalan yang lebih tinggi dibandingkan “allow” karena biasanya digunakan dalam konteks surat menyurat resmi. Setelah “allow” dan “permit”, kita harus menggunakan kata kerja dengan bentuk infinitif (to + verb). Keduanya juga bisa digunakan dalam kalimat pasif.

Contoh kalimat menggunakan allow dan permit:

  1. My mother allows Ady to visit his friend. (Ibuku mengizinkan Ady untuk mengunjungi temannya)
  2. Please permit Juminten to attend the meeting. (Tolong izinkan Juminten untuk menghadiri pertemuan).
  3. The manager allows us to leave early today. (Manajer mengizinkan kami untuk pulang lebih awal hari ini)
  4. My uncle permits them to use his boat. (Pamanku mengizinkan mereka menggunakan perahunya)
  5. I will go if my father permits me to go. (Aku akan pergi jika ayahku mengizinkan aku untuk pergi)

Penjelasan Grammar dan Kaidah Penulisan

  • Let: Digunakan tanpa ‘to’ setelah kata kerja. Contoh: “Let me go” (Benar), bukan “Let me to go” (Salah). Tidak dapat digunakan dalam bentuk pasif.
  • Allow dan Permit: Selalu diikuti oleh infinitif (to + verb). Contoh: “Allows me to go” (Benar), bukan “Allows me go” (Salah). Dapat digunakan dalam bentuk pasif, contohnya: “I am allowed to go” (Benar).

Menggunakan kata “let”, “allow”, dan “permit” memang tergantung pada tingkat keformalan situasi. “Let” cocok digunakan dalam percakapan sehari-hari yang santai, sementara “allow” dan “permit” lebih pas untuk konteks yang lebih resmi. Dengan memahami perbedaan penggunaannya, kamu bisa lebih percaya diri dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris, baik itu dalam situasi formal maupun informal.

Sekian penjelasan mengenai cara menggunakan let, allow, dan permit. Dengan latihan yang cukup, kamu pasti akan terbiasa dan lebih mahir dalam menggunakannya. Semoga bermanfaat, jangan lupa kalau lagi BT silahkan buka adyofficial.com ya gaes!

Print Friendly, PDF & Email